SEKILAS CITI
Citi Indonesia berdiri pada tahun 1968 dengan menyediakan layanan perbankan yang lengkap. Citi memulai operasinya di Hotel Indonesia dengan 15 karyawan, lalu pindah ke Gedung PP di Jalan M. H. Thamrin 57 sampai tahun 1970. Setahun kemudian, Citi pindah ke Jalan M. H. Thamrin 55 dan pada tahun 1986 berpindah ke Gedung Landmark di Jalan Jenderal Sudirman Kav. 1 hingga tahun 2001. Saat ini kantor pusat Citi Indonesia berlokasi di Citibank Tower, Jalan Jenderal Sudirman Kav. 54-55, Jakarta. Tertanggal 14 Juni 1968, Citi Indonesia (“Bank”) resmi berdiri di bawah Surat Keputusan Menteri Keuangan No. D. 15. 6. 1. 4. 23 untuk melalukan kegiatan bank umum dan aktivitas devisa. Bank merupakan bagian dari Citibank, N. A., New York (Kantor Pusat).
Citi memperoleh persetujuan untuk mengubah nama dari First National City Bank, Jakarta Branch menjadi Citibak, National Association (Citibank, N. A.) melalui Surat Bank Indonesia no. 9/376/UPPB, PDB pada tanggal 1 Juli 1976. Sejak saat itu, Citi telah mendirikan beberapa kantor cabang di berbagai kota besar di Indonesia. Kantor cabang Citi yang pertama dibuka di Jalan Gatot Subroto, Jakarta yang kemudian pindah dan menjadi Kantor Cabang Pondok Indah. Pada tahun 1986 Citi membuka kantor kas di Jalan Jenderal Sudirman Kav. 1 dan ditetapkan menjadi Kantor Cabang Pondok Indah pada tahun 2009. Kantor Cabang Surabaya di Jalan Dr. Soetomo dibuka pada bulan Desember 1989. Kantor Cabang Bandung dibuka pada bulan Agustus 1994 di Jalan Ir. H. Juanda, dan Kantor Cabang Medan pada bulan Maret 2001 di Jalan Imam Bonjol no. 23. Kantor Cabang Semarang dibuka dibuka pada November 2002 di Jalan Pahlawan No. 5 disusul dengan Kantor Cabang Denpasar pada bulan Mei 2004 di Jalan Teuku Umar 208-210. Dalam beberapa tahun terakhir, Citi juga telah membuka beberapa kantor kas di ibukota Jakarta.
Tahun 1989 Citi adalah bank pertama yang memperkenalkan kartu kredit ke nasabah Indonesia. Tahun 1993 Citi Pionir layanan nasabah 24/7 lewat CitiPhone. Citi memiliki komitmen untuk menjadi warga korporat yang baik di Indonesia dan mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia. Citi akan menjalankan bisnis dengan standar kode etik tertinggi, melaporkan hasil usaha dengan akurat dan transparan, dan akan tetap mematuhi secara penuh hukum dan peraturan yang berlaku.
PROFIL CITI
Visi Citi adalah Menjadi warga korporasi yang baik dengan memberikan solusi yang inovatif, bertanggung jawab dan terfokus kepada klien dengan tim terbaik di industri.Kemudian Misi Citi adalah untuk menjadi mitra terpercaya bagi para nasabah dengan memberikan layanan keuangan secara bertanggung jawab yang memungkinkan terjadinya pertumbuhan dan kemajuan ekonomi. Inti kegiatan Citi adalah untuk menjaga aset, pinjaman dana, melakukan pembayaran dan mengakses pasar modal atas nama nasabah kami. Citi memiliki pengalaman lebih dari 200 tahun dalam membantu nasabah menghadapi tantangan terberat serta meraih peluang terbesarnya. Kami adalah Citi, bank berskala global – lembaga yang menghubungkan jutaan orang di ratusan negara dan kota.
Citi menjalankan sejumlah kegiatan bisnis di Indonesia dengan menyediakan beragam layanan termasuk Corporate Banking dan Consumer Banking. Citi adalah bank asing terdepan dengan aktiva sebesar IDR 74 trilyun, lebih dari 3600 pegawai, 9 kantor cabang pembantu*, 2 kantor kas*, dan 68 ATM* yang tersebar di 6 kota besar (Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar dan Medan).
Citibank, N.A., Indonesia akan secara terus menerus mengembangkan dan memperkuat produk-produk inti di bawah TTS (Treasury and Trade Solutions) dan Markets and Securities Services dengan menawarkan solusi inovatif kepada nasabah. Hal ini termasuk menyediakan penawaran jasa terintegrasi yang didukung oleh One Citi: jaringan global, servis global kustodian, cakupan Collection, dan teknologi terkini dalam manajemen pembayaran dan likuiditas. Didukung pula dengan penambahan “Citiconnect” – jasa pembayaran kartu kredit korporasi melalui jaringan internet, yang mengintegrasikan transaksi Bisnis kepada Konsumen (B2C) dan Citi Connect.
Citi akan terus fokus dalam kesempatan cross-selling antar bisnis dengan menyediakan solusi finansial secara menyeluruh kepada nasabah Citi termasuk memberikan akses pada pasar modal domestik, akses/koneksi kepada ahli investment banking dalam organisasi Citi, fixed income origination serta jasa dan produk dari Consumer Bank atas dasar yang lebih selektif. Fokus Citi pada Model Target Klien, Organisasi, Proses Franchise dan Fungsi, Strategi Lokasi dan Situs, Platform dan Teknologi, dan Manajemen Kinerja akan memudahkan Citibank, N.A., Indonesia untuk memanfaatkan potensi penuh dari jaringan global yang Citi miliki, memberdayakan karyawan untuk membuat keputusan yang lebih baik, dan membawa konsistensi lintas bisnis dan geografi.
Dasar Hukum Pendirian
Surat Keputusan Menteri Keuangan No. D. 15. 6. 1. 4. 23 untuk melalukan kegiatan bank umum dan aktivitas devisa
Kepemilikan
N/A
Pencatatan di Bursa Saham
N/A
Kode Saham
N/A
Modal Dasar
N/A
Modal Ditempatkan dan Disetor Penuh
N/A
Jaringan Usaha
• 9 kantor cabang pembantu
• 2 kantor kas
• 68 ATM yang tersebar di 6 kota besar (Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar dan Medan)
* Korporasiana adalah tentang sekilas data perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id